Jumat, 16 Maret 2012

Hepaticopsida (Lumut Hati)


Lumut hati merupakan salah satu kelas dari tumbuhan lumut (bryophyta) yang diajarkan di materi biologi SMA. Lumut hati biasa hidup di tempat yang basah sehingga tubuhnya berstruktur  higromorf. Ada juga yang hidup di tempat-tempat yang sangat kering, seperti di kulit pohon, di atas tanah, atau batu cadas sehingga tubuhnya berstruktur xeromorf. Di dalam tubuh lumut terdapat alat penyimpan air sehingga dalam keadaan kekeringan tidak mengakibatkan lumut mati.

Lumut hati merupakan tumbuhan penutup tanah yang daunnya berbentuk lembaran-lembaran yang berkelok di bagian pinggirnya, memiliki semacam akar yang tumbuh dari permukaan bawah tumbuhan hidup di tempat yang lembap, dan tidak terkena cahaya matahari. Protonema lumut hati kebanyakan hanya berkembang menjadi suatu buluh pendek dan sebagian besar lumut hati memiliki sel yang mengandung minyak astiri.

Lumut hati dapat berkembang biak secara aseksual dengan pembentukan kuncup atau gemma dan secara seksual dengan pembentukan anteridium penghasil sperma dan pembentukan arkegonium penghasil ovum. Lumut hati juga mengalami pergiliran keturunan (metagenesis).
Berikut adalah salah satu contoh dari lumut hati yaitu Marchantia polymorpha.


Keterangan gambar!

Anteridum : Alat kelamin jantan yang menghasilkan spermatozoid.
Anteridiofor : Bagian yang mendukung anteridium.
Arkegonium : Alat kelamin betina yang menghasilkan  ovum.
Arkegoniofor : Bagian yang mendukung Arkegonium.
Talus : Bagian dari tumbuhan lumut.
Rizoid : Berperan sebagai akar.
Gemma : Kuncup yang dihasilkan untuk perkembangbiakan secara vegetative/ aseksual. 

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi biologi SMA dan soal biologi SMA. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.