Senin, 19 Maret 2012

Sistem Hormon Pada Manusia

Sistem Hormon pada manusia adalah sistem dalam tubuh manusia yang  mengatur segala aktifitas pengeluaran hormon di dalam kelenjar yang tersusun atas beberapa kelenjar endokrin (kelenjar yang menghasilkan hormon).

Hormon adalah suatu zat yang dikeluarkan oleh suatu kelenjar. Hormon yang dikeluarkan biasanya akan mempengaruhi organ-organ lain yang di tuju sesuai dengan fungsi hormone itu sendiri. Sebagai contoh : Hormon insulin berfungsi menurunkan glukosa dalam darah. Ketika kadar gula dalam darah tinggi, secara otomatis otak akan merespon dengan cara memberikan perintah kepada kelenjar pancreas untuk mengeluarkan hormone insulin. Setelah kadar gula dalam darah sudah normal, maka pengeluaran hormone insulin pun akan berhenti dengan sendirinya melalui mekanisme tertentu.

Kelenjar yang menghasilkan hormone di sebut dengan kelanjar endokrin. Semua kelenjar endokrin tersebut akan membentuk suatu system yang dinamakan system hormone (system endokrin). Selain itu system hormone juga merupakan salah satu bagian dari system regulasi.

Berikut akan di jelaskan beberapa kelenjar endokrin yang ada pada manusia. Berikut adalah gambar letak kelenjar endokrin yang ada pada manusia yang di kutip situs www.medicastore.com.



Dari gambar di atas dapat dilihat berbagai macam kelenjar endokrin yaitu :
  1. Kelenjar pineal
  2. Kelanjar Hipotalamus dan Hipofisis
  3. Kelenjar Tiroid dan Paratiroid
  4. Kelenjar Pankreas
  5. Kelenjar Anak Ginjal (Adrenal)
  6. Kelenjar Kelamin
  7. Kelenjar Timus
  8. Kelenjar Pencernaan


Untuk masing masing kelenjar akan di bahas dalam postingan tersendiri seperti biasnya agar kalian semua paham dengan jelas.

 
Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi biologi SMA dan soal biologi SMA. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.