Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 01 April 2012

Kelas Myriapoda


Myriapoda adalah salah satu dari Phylum Arthropoda. Hewan yang tergolong kelas Myriapodamemiliki banyak segmen tubuh, dapat mencapai 100 – 200 ruas. Tubuh terdiri dari kepala yang kecil, berada pada ruas pertama, dan perut yang pada tiap ruasnya memiliki sepasang atau dua pasang kaki. Habitatnya di darat, bernapas dengan paru-paru buku. Pada bagian kepala hewan ini  terdapat sepasang mandibula dan dua pasang maksila. Kelas ini terdiri dua, yaitu:

1.    Chilopoda
Tubuhnya terdiri atas kepala (caput) dan badan (abdomen). Tubuh Chilopoda agak pipih (gepeng), tiap ruas tubuh terdapat sepasang kaki. Di bagian kepala terdapat sepasang antena panjang dan semacam cakar yang berbisa. Chilopodamerupakan hewan karnivora. Chilopoda sering disebut sebagai  si kaki seratus  (centipedes).
Contohnya Scolopendra  sp (kelabang) dan Lithobiusfor´Čü  catus.

2.    Diplopoda
Pada kepalanya terdapat sepasang antena, dua pasang mata tunggal, dan alat mulut tanpa taring bisa. Diplopodatubuh bulat, tiap ruas tubuh terdapat dua pasang kaki. Hewan ini menyukai tempat yang lembap. Bila menemui bahaya membela diri dengan cara menggulung tubuhnya, Diplopoda merupakan herbivora. Diplopoda sering disebut sebagai  si kaki seribu (millipedes), karena memiliki jumlah kaki yang sangat banyak.
Contoh: Spirobolus sp (luwing), Polyxenus  sp., dan Sigmoria sp.

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi dan soal biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.