Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 01 April 2012

Kingdom Animalia (Dunia Hewan)


Pada bab ini, Anda akan diperkenalkan pada  kelompok-kelompok dari kingdom Animalia yang beraneka ragam. Anggota kingdom animalia ini merupakan organisme penguasa berbagai ekosistem di bumi. Mereka juga merupakan karnivora yang menempati tingkat trofik atas. Beberapa hewan merupakan sahabat terdekat manusia yang dibesarkan dan dipelihara manusia.

Pertanyaan yang timbul adalah : Bagaimanakah klasifikasi kingdom Animalia? Adakah peran positif kingdom Animalia terhadap kehidupan manusia? Untuk itu, simaklah bab ini untuk menjawab pertanyaan seputar kingdom Animalia.

Sebelum menginjak ke sesuatu yang lebih sacral, alangkah lebih baiknya kita mempelajari terlebih dahulu  mengenai ciri ciri umum kingdom Animalia. Berikut merupakan ciri – ciri dari kingdom animalia.

·           Makhluk hidup multiseluler dan Eukariotik
·           Memperoleh makanan secara heterotrof (tidak bisa membuat makanan sendiri)
·           Memerlukan oksigen
·           Bergerak aktif dan tidak mempunyai dinding sel
·           Reproduksi secara seksual, pada beberapa filum secara aseksual
·           Bentuk dewasanya selalu diploid (2n)

Setelah tahu tentang ciri ciri kingdom animalia, sekarang berlanjut ke pengelompokan / klasifikasi kingdom animalia.

Secara umum dalam Materi Biologi SMA Rembang, kingdom animalia (Dunia Hewan) di kelompokkan menjadi 2 kelompok besar berdasarkan ada tidaknya tulang belakang yaitu : Hewan Tidak Bertulang Belakang (Invertebrata) dan Hewan Bertulang Belakang (Vertebrata). Kemudian dari masing-masing kelompok akan di pelajari beberapa filum yang termasuk dalam kelompok tersebut. Berikut penjabarannya.

1.    Hewan Tidak Bertulang Belakang ( Invertebrata )
Invertebrata adalah hewan yang tidak mempunyai tulang belakang dan susunan sarafnya terletak di bawah saluran pencernaan.  Invertebrata yang akan di pelajari dalam materi Biologi SMA disini ada delapan filum, yaitu :

2.    Hewan Bertulang Belakang ( Vertebrata )
Vertebrata adalah hewan yang mempunyai tulang belakang. Tulang belakang adalah tulang yang beruas-ruas dan berderet dari leher sepanjang punggung sampai ekor. Sumsum tulang belakang yang terdapat dalam ruas-ruas tulang belakang dan otak merupakan susunan saraf pusat. Kelompok vertebrata pada umumnya masuk dalam Phylum Chordata, tetapi ada juga Phylum chordata yang masuk dalam invertebrata. Akan tetapi di Materi Biologi SMA hanya akan menjelaskan beberapa klasifikasi dari phylum chordata yang mempunyai tulang belakang.
Berdasarkan penutup tubuh, alat gerak dan cara berkembang biak Vertebrata dibedakan menjadi lima kelompok, yaitu :

* Untuk penjelasan masing masing kelompok dari invertebrata dan vertebrata, silahkan di klik Filum atau Kelompok yang di inginkan.

Seperti halnya kingdom plantae (Dunia Tumbuhan),  Kingdom animalia (Dunia Hewan) juga sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Untuk mengetahui Manfaat Kingdom Animalia ini secara lengkap, Silahkan Klik Disini!

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi dan soal biologi SMP SMA REMBANG. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.