Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 17 Mei 2012

Praktikum Uji Pernapasan (Respirasi) Ke 1


Dalam pelajaran Biologi SMA maupun Biologi SMP, tidak akan terlepas dengan apa yang namanya praktikum. Praktikum ini umumnya untuk membuktikan teori-teori ataupun hukum yang ada, tujuannya mungkin agar lebih mantap begitu. Praktikum kali ini saya buat karena mungkin ada banyak siswa yang belum memahami atau pun bertanya-tanya.. “Kok bisa ya?”. Supaya jelas jadi praktik aja.

1.    Dasar Teori
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah melakukan pernapasan (respirasi). Dalam mekanismenya, respirasi ini akan terjadi penarikan dan pengeluaran udara.  Mekanisme peristiwa tersebut karena konsentrasi oksigen yang lebih sedikit dan karbon dioksida yang lebih banyak bila dibandingkan dengan udara di atmosfer.

Pada respirasi, udara yang dikeluarkan dari paru-paru mengandung banyak karbon dioksida (CO2) dan udara yang masuk ke paru-paru mengandung banyak oksigen (O2). Kecepatan. Laju respirasi pada makluk hidup dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang diantaranya adalah aktivitas makhluk hidup itu sendiri dan suhu lingkungan.

2.    Tujuan
Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui adanya kandungan CO2pada udara pernapasan makhluk hidup. (Disini makhluk hidup adalah manusia == Untuk yang tumbuhan tidak dibahas tapi hasilnya juga sama kok, sama sama mengandung CO2)

3.    Alat dan Bahan
Alat :
-      Erlenmeyer 125 ml
-      Sumbat karet dengan 2 lubang atau plastisin. (pake plastisin aja)
-      Pipa kaca 14 cm/ 7 cm atau sedotan plastik.

Bahan :
-      Air kapur atau larutan (Ca(OH)2) jenuh

4.    Cara Kerja
-      Isi Erlenmeyer dengan air kapur
-      Buatlah rangkaian alat seperti dibawah ini dengan menggunakan Erlenmeyer, pipa kaca atau sedotan dan sumbat karet/ plastisin.
-      Isaplah udara untuk bernapas dari pipa A, kemudian keluarkan udara pernapasan melalui pipa B. Menghisap dan mengeluarkan nafas jangan terlalu kuat.
-      Dengan melakukan pernapasan tadi, udara yang dihisap akan melalui pipa A dan udara yang dikeluarkan dari paru-paru akan melalui air kapur pipa B.
-      Amati Hasilnya

5.    Hasil Pengamatan
Tulis apa saja yang anda amati. Dalam praktikum saya, hasilnya air kapur akan menjadi keruh.

6.    Pembahasan
Silahkan di bahas sesuai dengan apa yang anda alami. Kemudian tuliskan juga rumus kimia yang terjadi. Ini lah Reakasinya

Ca(OH)2 + CO2 -----> CaCO3 + H2O

CaCO3 inilah yang membuat air keruh.

 

7.    Kesimpulan
Kesimpulan dari praktikum kali ini adalah pada udara sisa pernapasan manusia mengandung karbon dioksida (CO2).


Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.