Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 12 Mei 2012

Respon Kekebalan Tubuh


Respons kekebalan tubuh terhadap kehadiran antigen dapat dibedakan atas dua cara, yaitu imunitas humoral dan imunitas seluler.

1.    Imunitas Humoral/ Kekebalan tubuh Humoral
Respons kekebalan tubuh humoral atau imunitas humoral melibatkan aktivitas sel B dan produksi antibodi yang beredar di dalam plasma darah dan limfa. Pembentukan antibodi ini dipicu oleh kehadiran antigen. Antibodi secara spesifik akan bereaksi dengan antigen. Antibodi umumnya tidak secara langsung menghancurkan antigen yang menyerang, namun antibodi terlebih dahulu akan mengikat antigen tersebut.

Terdapat beberapa cara antibodi menghancurkan patogen atau antigen, yaitu  netralisasi, aglutinasi, presipitasi,dan fikasasi komplemen (protein komplemen). Sebelum dijelaskan lebih lanjut silahkan simak gambar berikut ini.
 Klik untuk memperbesar Gambar

Netralisasi merupakan cara yang digunakan antibodi untuk berikatan dengan antigen supaya aktivitasnya terhambat (tidak aktif). Dengan demikian sel fagosit dapat mencerna bakteri tersebut.

Aglutinasi atau penggumpalan merupakan proses pengikatan antibodi terhadap  bakteri atau virus sehingga mudah dinetralkan. Antibodi memiliki minimal dua daerah ikatan (binding site). Cara ini memudahkan sel fagosit menangkap sel-sel patogen tersebut.

Presipitasi atau pengendapan merupakan pengikatan silang molekul-molekul antigen yang terlarut dalam cairan tubuh. Setelah diendapkan, antigen tersebut dikeluarkan dan dibuang melalui fagositosis.

Fiksasi komplemen dilakukan dengan cara antibodi yang berikatan dengan antigen akan mengaktifkan sistem komplemen (protein komplemen) untuk membentuk luka atau pori pada sel mikroba patogen. Pembentukan luka atau pori ini menyebabkan lisozim dapat masuk dan sel patogen tersebut akan hancur (lisis).

2.    Imunitas Seluler/ Kekebalan tubuh Seluler
Respon kekebalan tubuh selular melibatkan sel-sel yang bereaksi langsung terhadap sel-sel asing atau jaringan yang terinfeksi. Respon kekebalan tubuh seluler ini merupakan kekebalan yang ditunjang oleh sel T (Limfosit T).

Tugas utama imunitas seluler adalah untuk menghancurkan sel tubuh yang telah terinfeksi patogen, misalnya oleh bakteri atau virus. Masih ingatkan dengan Sel T (Limfosit T) dan jenis serta fungsinya? Kalau lupa silahkan lihat Disini kembali. Kalau sudah dibaca, perhatikan gambar berikut ini merupakan cara kerja dari sel T dalam menghadapi patogen.
 Klik untuk memperbesar gambar


Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.