Minggu, 02 Juni 2013

Ilmuwan Bingung Memberi Nama 101 Spesies Kumbang Baru

DAILY MAIL/"PRLM" 


MUNICH, (PRLM).- Dihadapkan dengan 101 spesies kumbang baru yang belum diberi nama, ahli biologi mencari inspirasi dari buku telepon.
Para ilmuwan Jerman yang tengah berkutat untuk memberi nama semua spesies kumbang baru di Papua Nugini, akhirnya meraih buku telefon untuk 10 dari penemuan baru mereka.

Mereka telah menemukan jalan pintas untuk pekerjaan itu dengan menggunakan DNA dan database online untuk membuat katalognya, tetapi itu berarti mereka memiliki lebih dari seratus kumbang untuk diberi nama. Nama-nama lokal juga diberikan pada kumbang yang ditemukan di hutan hujan Papua Nugini yang penuh dengan kehidupan liar ini.
Orang dengan nama keluarga Morea, ditemukan pada halaman 275 dari Direktori Telefon Papua Nugini tahun 2010, adalah salah satu nama Papua Nugini yang diabadikan pada kumbang kecil mengkilap yang disebut Trigonopterus moreaorum.
Seekor kumbang hitam dinamai Trigonopterus kanawiorum untuk menghormati keluarga Kanawi, yang ditemukan di halaman 236 pada buku telefon itu.
Alexander Riedel dari Natural History Museum di Karlsruhe dan Michael Balke dari State Zoological Collection di Munich kedua orang ini yang memberi nama serangga-serangga tersebut.
Riedel menjelaskan bahwa ia tidak ada waktu untuk memikirkan nama-nama kumbang pemakan tumbuhan yang panjangnya kurang dari 6 milimiter ini.
Dia mengatakan: "Lebih dari 100 spesies telah ditemukan dan kini menjadi perhatian publik, cara penamaan ini lima kali lebih cepat dibandingkan dengan teknik tradisional."
Pendekatan tradisional untuk penamaan spesies menggunakan deskripsi struktural. Ini akan memakan waktu yang sangat lama bagi para ilmuwan untuk menamai semua kumbang, mengingat tingkat kesamaan di antara serangga itu. (Aya/A-147)***


Sumber : Pikiran Rakyat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.