Selasa, 10 September 2013

KULIAH SUBSTANSI GENETIK

Substansi genetik adalah senyawa yang mampu menentukan karakter atau sifat mahkluk hidup , dan senyawa itu dapat diturunkan ke keturunannya melalui peristiwa perkawinan.
Senyawa genetik itu  adalah DNA yang membentuk Gen dengan atmosfer protein yang ada disekitar DNA itu hingga bisa terbentuk enzim dan mengekspresikan sesuai kehendak DNA nya .
Mengingat Potein pembentuk enzim itu dirancang Proteinnya oleh DNA dengan dibantu Pelaksana RNA maka kejadian kejadian penting inilah yang perlu diperhatikan pada Materi pembelajaran ini .
DNA - GEN yang sungguh penting dalam pelaksanaan ekspresi sifat itu berada pada Lokus kromosom yang ada di dalam Nukleus atau Inti sel  pada Sel . Jadi memang wajar jika pengendali sel itu Inti sel karena struktur didalamnya terdapat materi materi yang canggih yang bisa menentukan sifat , karakter kerja , regulasi dan tingkah laku yang akan terjadi di sel .

Maka kita harus lebih sistimatis merangkai pemahaman materi ini dengan urutan
DNA - GEN (PROTEIN - ENZIM) - KROMOSOM - NUKLEUS - SEL - MAHKLUK HIDUP
artinya Jika DNA dalam merancang protein bersama RNA mengalami kegagalan dalam merangkai susunan asam amino membentuk protein yang dikehendaki maka enzim yang terbentuk tentu akan kacau mengingat Enzim itu penyusun utamanya Protein. Enzim yang disusun Protein yang kacau dan membentuk enzim yang tidak sesuai akan mempengaruhi kerja enzim dalam metabolisme yang ada di sel . Tentu ini membawa masalah baru pada proses regulasi sel , reproduksi sel , aktivitas mahkluk hidup dan tentu tingkah laku yang muncul.

Kondisi yang seperti diatas itulah pembelajaran Substansi Genetik ini sering dikaitkan dengan pembelajaran Sintesa protein , namun sering begitu saja pembelajaran hanya begitu saja diajari bagaimana membentuk protein di ribosom dengan bahan asam amino yang dirangkai dari basa nitrogen tapi setelah itu bagaimana , untuk apa dan terus ngapain kalau sudah bisa . Tuntas tetapi jadi untuk apa nggak jelas

Maka sambil seenaknya ini saya merangkai kalimat untuk menuliskan kata kata ini agar bisa saya postingkan tentang materi bab 3 kelas XII ini menjadi pembelajaran yang santai .

Jadi Materi Substansi genetik ini adalah senyawa yang mampu menentukan karakter atau sifat yang materi itu bisa diwariskan keketurunannya .
Bagaimana mewariskannya ?
Bagaimana menentukan karakternya ?
dan Bagaimana membahasakannya ?
Saya ambil contoh misalnya ada seekor kucing betina bunting , kemudian melahirkan embryo bayi kucing . Pasti bayi kucing itu jika beraktivitas akan seperti kucing tidak seperti kebo karena maknya dan bapaknya kucing .
Bagaiman kok bisa seperti itu ?
Diberi apa si anak kucing itu kok mirip tingkah lakunya dengan mak dan babenya

Ini adalah DNA yang kata si Watson dan Crick merupakan senyawa genetik double helix yang tersusun panjang yang mengandung jutaan nukleotida yang membentuk polynukleotida yang berbaris seperti tangga berputar dengan anak tangga berupa senyawa basa nitrogen yang dirangkai oleh ikatan hidrogen mudah lepas dengan dipegangin senyawa Gula pentosa yang disebut deoksi ribosa dan antar nukleotidanya diikat oleh ikatan phospodiester berupa phosphat sehingga nukleotida satu dengan lainnya berikatan membentuk polynukleotida.
Yang terpenting bagi kita struktur DNA yang begitu canggih membentuk ikatan yang terlihat pada gambar itu jangan hanya dilihat bangun utuhnya tetapi lihatlah strukturnya yang dikat ikat dan bisa dilepas lepas itulah yang merupakan Roh baik yang membuat kita berfikir ternyata DNA itu bisa melepaskan diri ( replikasi ) membentuk DNA DNA baru yang bisa dipersembahkan untuk keturunannya . OK

Dengan melihat gambar si DNA yang bisa replkasi maka sewajarnya kita bisa menjawab bahwa anak kucing yang dikandung dari induk kucing itu tentu jadi kucing yang menyerupai Mak dan babenya

Kembali ke permasalahan awal bahwa seberapa canggihnya DNA itu bisa merangkaikan ke pemahaman DNA - Gen - Kromosom dan Nukleus serta Sel yang merupakan unit terkecil mahkluk hidup atau sebagai Organisme itu sendiri jika pada  mahkluk hidup unicelluler bisa dipahami .



to be continued




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.